Satu Rekening Untuk Berbagai Jenis Instrumen Investasi - Call Center: (021) 1500-688

Wednesday 5 November 2014

Danareksa dalam surveinya menemukan penurunan kepercayaan konsumen pada bulan Oktober 2014. Survei yang dilakukan pada 1.700 rumah tangga di enam wilayah ini, menunjukkan konsumen memberi penilaian yang lebih negatif terhadap keadaan ekonomi saat ini dan prospek ekonomi ke depan terutama kekhawatiran terhadap kelangkaan lapangan kerja.

“Pada survei bulan Oktober, proporsi konsumen yang merasa khawatir terhadap kelangkaan lapangan kerja naik menjadi 26 persen dari 25,1 persen pada bulan September,” tulis Danareksa dalam rilisnya, Senin (3/11).

Selain kelangkaan lapangan kerja, proporsi konsumen yang merasa khawatir terhadap tingginya harga dan kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) juga meningkat. Dengan latar belakang tersebut, maka Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) turun sebesar 3,8 persen ke 98.3 di bulan Oktober. Komponen yang menunjukkan keadaan saat ini (Indeks Situasi Sekarang/ISS), juga turun sebesar 7,1 persen menjadi 79.0.

Selain itu, komponen IKK lainnya yang menunjukkan keadaan masa depan (Indeks Ekspektasi / IE) juga mengalami penurunan sebesar 2,0 persen menjadi 112,7 pada bulan Oktober. Penurunan IE ini menunjukkan bahwa masyarakat merasa kurang optimis terhadap prospek ekonomi dalam enam bulan mendatang. Namun, sekitar 32,2 persen konsumen yang disurvei berencana membeli barang-barang tahan lama dalam 6 bulan mendatang, naik dari 31,2 persen pada bulan September, dan 30,4 persen pada Oktober 2013. Baca Selengkapnya

Share this:


Seluruh Informasi yang disampaikan melalui blog ini hanya merupakan informasi yang tidak dapat diartikan sebagai suatu saran/advise bisnis tertentu. Untuk Informasi lebih lanjut silakan email kami di callcenter@danareksa.com

0 comments:

Post a Comment