Satu Rekening Untuk Berbagai Jenis Instrumen Investasi - Call Center: (021) 1500-688

Friday 29 July 2016

Pergantian Menteri Keuangan dari Bambang PS Brodjonegoro, ke  Sri Mulyani Indrawati dinilai positif oleh sejumlah ekonom. Mantan Menteri Keuangan di era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, dan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu dianggap ahli di bidang ekonomi.


"Ditunjuknya Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan bisa menjadi salah satu sentimen positif, karena di pembukaan pasar tadi indeks harga saham sudah terapresiasi. Bahwasannya kawasan regional Asia dan global cenderung mengalami perlambatan, namun dengan resuffle ini pasar justru menunjukkan seolah-olah menemukan titik keseimbangan baru," kata Ekonom Danareksa, Lucky Bayu Purnomo kepada Ipotnews di Kantornya, Rabu (27/7). 

Lucky mengatakan, penunjukkan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan memperlihatkan arah tujuan yang Presiden Jokowi inginkan, yaitu merealisasikan janji kampanye bahwa pertumbuhan ekonomi akan mampu meningkat hingga 7 persen. 

"Kalau kita flashback, target pertumbuhan ekonomi Presiden Jokowi waktu debat capres, yaitu 7 persen. Kita ketahui semester pertama 2016, baru tercapai 4,92 persen, artinya dengan masuknya Sri Mulyani, kita punya harapan akan mendorong akselerasi ekonomi dan nantinya akan memberikan imbas ke kinerja IHSG," ujarnya.

Pencopotan Sudirman Said Disayangkan

Lucky menyayangkan pencopotan Sudirman Said dari kursi Menteri ESDM. Menurutnya, Sudirman mempunyai kinerja yang baik dalam Kabinet Kerja.

"Walaupun belum penuh menjalankan masa jabatannya, tapi prestasi beliau cukup positif. Ketika menjabat, kita ketahui banyak reformasi di industri migas, salah satunya pembubaran Petral, dan ini upaya efisiensi yang bisa dilakukan," kata Lucky.

Penggantian Sudirman, kata Lucky, akan menghentikan program-program yang digagasnya, terutama kaitannya dengan reformasi di sektor migas. "Saya kira Sudirman Said sudah mengenal sedemikian rupa Kementerian ESDM sampai setengah jalan, seharusnya mereka diberikan ruang untuk menyelesaikan program-programnya," tuturnya. 

Share this:

Categories: , , ,


Seluruh Informasi yang disampaikan melalui blog ini hanya merupakan informasi yang tidak dapat diartikan sebagai suatu saran/advise bisnis tertentu. Untuk Informasi lebih lanjut silakan email kami di callcenter@danareksa.com

0 comments:

Post a Comment