Ilustrasi Astra Otoparts
Ilustrasi Astra Otoparts (Istimewa)
PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) mendirikan perusahaan patungan (joint venture/JV) bersama perusahaan ban dan karet asal Jepang, Bridgestone Corp. Sesuai rencana, perusahaan tersebut bakal memproduksi komponen otomotif produk antivibration.
"Ini salah satu cara kami dari untuk menambah portofolio. Selama ini kami memang bekerjasama, Bridgestone memasok produk anti vibration kepada kami. Sehingga, kami putuskan untuk bangun joint venture," ujar Direktur Keuangan Astra Otoparts Hugeng Gozali kepada Investor Daily di Jakarta, Senin (6/7).
Pada 2 Juli 2015 perseroan dan Bridgestone telah meneken perjanjian untuk membentuk perusahaan patungan senilai Rp 174 miliar tersebut. Adapun, Astra Otoparts dan Bridgestone masing-masing tercatat mengusai 49% dan 51% saham.
Lebih jauh, Hugeng menjelaskan lokasi pabrik nantinya terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik Purwakarta tersebut akan memproduksi engine mounting, body mounting, dansuspension parts untuk pasar kendaraan roda empat atau lebih.
"Saat ini sudah mulai dibangun. Diharapkan bisa selesai akhir tahun ini. Sehingga mulai berproduksi massal awal tahun depan," jelas dia.
Sebagai informasi, Bridgestone memiliki delapan parbrik di enam negara yang memproduksi antivibration. Salah satunya, yakni pabrik Purwakarta yang dibangun bersama Astra Otoparts. Secara total, Bridgestone tercatat memiliki 170 pabrik di 26 negara.
Sepanjang 2014, Bridgestone mampu mengantongi penjualan bersih sebesar 3,67 triliun yen. Di mana, mayoritas atau sebesar 84% dari total penjualan bersih berasal dari penjualan ban. Sisanya, disumbangkan oleh produk diversifikasi seperti komponen otomotif.
Investor Daily